Hari Kedua
Kelas : LB53
Dosen : Dra. Hermawati, M.A. ( D2839 )
Waktu : Rabu, 21 Oktober 2015
Jam : 13:00 - 14:00
Jumlah peserta : 24 murid
Lokasi : Jl. Meruya Selatan RT/RW 004/04 5853148 Jakarta Barat
PIC : Ibu Marsiti
Anggota yang hadir:
- Mohammad Imran Karim (1801420822)
- Sanny (1801455391)
- Christelle Emmanuella (1801378700)
- Nabila Maisarah (1801424985)
- Sakinah (1801446071)
- Felicia Virginia Japri (1801374160)
- Pieter Yulius Maedha (1801386122)
- Jasson Matthew (1701309305)

Pengajaran
Hari ini merupakan hari kedua kami mengajar bimbel. Setelah berbincang-bincang dengan kepala sekolah SDSN Meruya Utara 02 Pagi, akhirnya kami sepakat untuk mengajar setiap hari Rabu berdasarkan jadwal kami yang padat dan kebisaan pihak sekolah.
Seperti hari pertama, kami menanyakan pada anak-anak mengenai materi mana yang sudah dipelajari dan mana yang sudah mereka pahami dan mana yang belum. Kami meminta buku cetak matematika dan anak-anak mengatakan bahwa mereka baru selesai belajar apa yang sudah kami ajarkan pada minggu lalu, yaitu "operasi hitung campuran dan pembagian". Karena kami merasa mayoritas dari anak-anak sudah paham dan bisa mengerjakan operasi hitung campuran, maka kami memutuskan untuk lanjut ke bab berikutnya mengenai uang.
Pertama-tama kami menanyakan kepada anak-anak apakah mereka sudah mengerti cara menulis format uang yang benar. Kami menunjuk 1 anak untuk maju ke depan untuk menuliskan format penulisan uang yang benar. Anak tersebut salah menuliskan format dan kami membetulkannya. Kami menyuruh anak-anak yang lain untuk menuliskan format penulisan uang yang berbeda mulai dari ratusan, ribuan, dan puluh-ribuan. Banyak dari mereka yang cepat mengerti dan hanya beberapa yang masih suka bingung.
Setelah mereka sudah mengerti format penulisan uang, kami memberikan soal cerita yang menghubungkan dengan operasi hitung campuran serta pertanyaan logika seperti uang yang tersisa setelah dibelanjakan sekian. Masing-masing pengajar membantu anak-anak untuk mengerjakan soal yang ada di papan tulis. Setelah selesai kami membahas soal-soal dan hampir semua anak bisa mengerjakannya. Setelah itu pada pukul 14:00 kami mengakhiri proses belajar mengajar.
Jasson
Sanny dan Christelle mengajar
Sanny dan Imran menulis soal kasus uang
Form Evaluasi
Hasil Kegiatan
Sebelum Kegiatan | Sesudah Kegiatan |
Banyak siswa-siswi yang belum bisa menulis format penulian uang | Anak-anak sudah bisa menulis format uang |
Banyak siswa-siswi yang sulit menghitung uang ribuan dengan recehan | Anak-anak sudah lebih mengerti cara menghitungnya |
Banyak yang bingung ketika diberi soal kasus | Anak-anak sudah banyak yang cepat mengerti |
Hari kedua ini menurut kami lebih sulit untuk mengajar karena anak-anak mulai susah diatur, mungkin dikarenakan mereka sudah merasa nyaman dengan kakak-kakak pengajar, walau begitu mereka tidak kelewat bandel dan tetap mau mendengarkan dan mengerjakan tugas ketika disuruh.
Kesimpulan
Uang merupakan subjek yang sangat penting untuk dipelajari karena uang merupakan barang yang kita berinteraksi setiap hari. Dengan mempelajari mata pelajaran uang seperti penulisan uang, pengurangan uang karena dibelanjakan, dan seterusnya, maka anak-anak bisa lebih baik mengatur keuangan mereka.
Next To Do
Untuk
selanjutnya kami berencana untuk mengajarkan bab selanjutnya yang belum
dibahas oleh sekolah. Kami akan memberikan lebih banyak lagi contoh
kasus yang sedikit kompleks untuk melatih mereka. Untuk metode
pengajaran akan tetap kami lakukan hal yang sama seperti hari ini.
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan berkomentar seputar artikel diatas
Binusian dan TFI dapat memberikan pendapatnya disini.