Hari Keempat

                                                                                                                                                               Rabu, 4 November 2015

Kelas                                :   LB53
Dosen                               :   Dra. Hermawati, M.A. ( D2839 )
Waktu                               :   Rabu, 4 November 2015
Jam                                   :   13:00 - 14:00
Jumlah peserta                 :   24 murid
Lokasi                              :   Jl. Meruya Selatan RT/RW 004/04 5853148 Jakarta Barat
PIC                                   :   Ibu Marsiti

Anggota yang hadir:  
  1. Mohammad Imran Karim (1801420822)
  2. Sanny (1801455391)
  3. Christelle Emmanuella (1801378700)
  4. Nabila Maisarah (1801424985)
  5. Sakinah (1801446071)
  6. Felicia Virginia Japri (1801374160)
  7. Pieter Yulius Maedha (1801386122)

Anggota yang tidak hadir       :
Jasson Matthew (1701309305) karena terserang sakit tipes, dirawat di rumah sakit
Pengajaran
 
Rabu ke-4 tiba dan seperti biasa, pukul 11:00 kami semua sudah mulai berangkat menuju SDSN Meruya Utara 02 Pagi masing-masing. Sesampai di sekolah sekitar pukul 11:30 kami menunggu di kantin sekolah sambil jajan. Terkadang kami disambut oleh anak-anak didik kami. Kondisi sekolah masih seperti biasa dimana sekolah SD lain menumpang sehingga pukul 13:00 mereka menggunakan ruang kelas. Pada jam itu kami memulai KBM di ruang musik yang sama.

Karena teman kami Jasson tidak bisa hadir karena sedang dirawat di rumah sakit, maka kami membagikan anak-anak menjadi 7 kelompok untuk belajar bersama masing-masing pengajar dan kami pun mulai KBM. Karena pada minggu ke -3 kita sudah belajar tentang uang dan sedikit tentang waktu, maka kami lanjutkan lagi ke materi tentang waktu dengan lebih detail. Masing-masing pengajar memiliki cara mengajar yang berbeda namun memiliki konsep yang sama, yaitu menjelaskan secara perlahan materi-materi sebelum melakukan latihan.

Sesuai dengan buku cetak Matematika mereka, kami mengajarkan apa itu waktu, bentuk jam seperti apa, bagaimana cara membaca jam mulai dari membaca jarum pendek sampai jarum panjang, kami menjelaskan dalam 1 menit terdapat 60 detik dan dalam 1 jam terdapat 60 menit. Setelah penjelasan itu kami langsung menyuruh mereka untuk mengerjakan latihan soal bagaiman cara penulisan format jam. Latihan ke-2  mengajarkan tentang tambah kurang waktu, latihan ke-3 melatih mengenai detik. Tidak terasa satu jam sudah lewat dan kamipun mengakhiri KBM.


                                    Imran sedang menjawab pertanyaan dari seorang murid
                         Anak-anak sedang berdiskusi tentang waktu yang dibantu oleh Nabila

                                             Felicia sedang mengecek jawaban anak-anak


Form Evaluasi




Hasil Kegiatan

Sebelum Kegiatan Sesudah Kegiatan
Anak-anak masih belum bisa dengan cepat menghitung waktu dalam menit Sudah mulai bisa menghitung waktu
Anak-anak masih belum bisa menulis jarum jam dengan waktu yang tepat Murid-murid sudah mulai mengerti dan bisa menggambar jam dengan jarum yang benar

Anak-anak tetap belajar dengan giat pada hari ini dengan situasi yang sama.

Kesimpulan


Karena ada teman kami yang tidak bisa hadir, maka kami harus bisa mengatasi anak-anak lebih banyak per kelompok dan ini mengajarkan kami sendiri sebagai pengajar bagaimana mengatasi anak-anak yang biasanya tidak kita ajari dan bagaimana cara berinteraksi dengan mereka.


Next To Do

Kami akan tetap melakukan hal yang biasa kami akan dan terus berusaha untuk memberikan pengajaran yang terbaik

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar seputar artikel diatas
Binusian dan TFI dapat memberikan pendapatnya disini.

×
Kelompok 7