Hari Ketiga: Pemindahan Tempat Mengajar
Dosen : Dra. Hermawati, M.A. ( D2839 )
Waktu : Rabu, 28 Oktober 2015
Jam : 13:00 - 14:00
Jumlah peserta : 24 murid
Lokasi : Jl. Meruya Selatan RT/RW 004/04 5853148 Jakarta Barat
PIC : Ibu Marsiti
Anggota yang hadir:
- Mohammad Imran Karim (1801420822)
- Sanny (1801455391)
- Christelle Emmanuella (1801378700)
- Nabila Maisarah (1801424985)
- Sakinah (1801446071)
- Felicia Virginia Japri (1801374160)
- Pieter Yulius Maedha (1801386122)
- Jasson Matthew (1701309305)
Pengajaran
Sampai lah kami pada hari ketiga mengajar anak-anak SD. Kami memasuki SD tersebut dan disambut oleh kepala sekolah yang memberi tahu kami bahwa kelas yang biasa kami pakai untuk mengajar akan dipakai oleh anak-anak SD lain yang mengungsi, tepat pada pukul 13:00 waktu biasa kami mulai mengajar.
Mengetahui itu kami bertanya pada ibu kepala sekolah jika ada ruangan lain yang bisa kami pakai. Kepala sekolah hanya bisa menawarkan ruang musik yang tidak ada meja, namun karena hanya itu ruang yang tersisa maka kami menyetujuinya. Ibu kepala sekolah mengingatkan kepada anak-anak murid untuk tidak memainkan alat musik selama belajar. Setelah itu mulai lah kegiatan belajar-mengajar.
Seperti biasa kami meminta buku cetak matematika anak-anak dan menanyakan materi yang mereka pelajari di sekolah. Mereka baru belajar mengenai uang, sama seperti materi yang kami ajarkan minggu lalu. Karena kemaren kami baru memberikan beberapa soal mengenai uang maka kami lanjut mengajari tentang uang dengan menyuruh anak-anak untuk mengerjakan latihan soal terakhir di buku cetaknya masing-masing. Dengan kondisi di ruang musik yang tidak memiliki meja dan papan tulis, maka kami memutuskan untuk membuat 8 kelompok dengan cara menyuruh anak-anak menghitung dari 1 sampai 8, dan anak-anak yang mengucapkan angka yang mereka ucapkan masuk ke kelompok tersebut.
Semua kakak-kakak pengajar membantu anak-anak dalam mengerjakan soal. Tergantung dari masing-masing kelompok, ada yang cepat mengerti sampai-sampai mereka sudah memasuki bab berikutnya mengenai waktu. Namun ada juga yang perlahan-lahan mengerjakan soal untuk dipahami. Rata-rata banyak kelompok yang cepat mengerjakan latihan dan sudah masuk ke bab-bab berikutnya. Pukul 14:00 kami mengakhiri KBM dan pulang.
Felicia dan Christelle sedang menjelaskan
Imran menjawab pertanyaan murid
Bella dan Jasson
Anak-anak dengan seksama mendengarkan penjelasan Pieter
Form Evaluasi
Hasil Kegiatan
Sebelum Kegiatan | Sesudah Kegiatan |
Anak-anak masih banyak yang belum mengerti atau belum bisa menghitung uang | Sudah mulai bisa menghitung uang |
Walaupun tempat mengajar kami dipindahkan dan kurang memadai, namun siswa-siswi tetap semangat untuk belajar dewngan kakak-kakaknya. Kami sangat senang melihat anak-anak yang mau belajar dan mau mendengarkan kakak-kakaknya.
Kesimpulan
Dalam kegiatan ini, kami belajar bagaimana cara mengajar dalam situasi atau kondisi yang kurang memadai. Di ruang musik yang banyak alat musik dan tidak ada papan tulis, kami membuat kelompok dan masing-masing mengajar dengan cara masing-masing. Di sini kamipun belajar bagaimana mengatur anak-anak agar tidak iseng bermain dengan alat musik dan fokus untuk belajar.
Next To Do
Dengan adanya perubahan situasi, maka cara mengajar kami pun juga harus berubah dengan cara membagi kelompok dan mengajarkan masing-masing namun dimulai dari bab yang sama. Kami merasa cara ini cukup efektif dan akan terus melanjutkan metode ini untuk pertemuan selanjutnya jika situasi tetap sama.
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan berkomentar seputar artikel diatas
Binusian dan TFI dapat memberikan pendapatnya disini.