Hari Terakhir Mengajar: Perpisahan Kami




Kelas                                :   LB53
Dosen                               :   Dra. Hermawati, M.A. ( D2839 )
Waktu                               :   Kamis, 12 November 2015
Jam                                   :   13:00 - 14:00
Jumlah peserta                 :   24 murid
Lokasi                              :   Jl. Meruya Selatan RT/RW 004/04 5853148 Jakarta Barat
PIC                                   :   Ibu Marsiti

Anggota yang hadir:  
  1. Mohammad Imran Karim (1801420822)
  2. Sanny (1801455391)
  3. Christelle Emmanuella (1801378700)
  4. Nabila Maisarah (1801424985)
  5. Sakinah (1801446071)
  6. Felicia Virginia Japri (1801374160)
  7. Pieter Yulius Maedha (1801386122)
  8. Jasson Matthew (1701309305)
Anggota yang tidak hadir       :   -


Pengajaran
 
Pertemuan terakhir ini kami memutuskan untuk mengajar pada hari Kamis, 12 November 2015 karena berhubung kami sebentar lagi menghadapi UTS, maka kami meminta pihak sekolah untuk memberikan jadwal untuk hari Jumat dan disetujui. Seperti biasa kami datang ke sekolah sekitar pukul 11:00 - 12:00 dan menunggu sampai jam 13:00. Kami disambut oleh kepala sekolah dan beliau menginformasikan kepada kami bahwa SD yang mengungsi sudah tidak mengungsi lagi dan kami bisa mengajar di ruang kelas biasa.

Dengan mengajar di kelas, kami bisa menggunakan metode biasa kami dengan memberikan penjelasan tentang materi baru yaitu "keliling dan luas persegi" di papan tulis. Kami pun memberikan contoh soal dan mengajak anak-anak untuk maju ke depan bagi yang bisa menjawab. Namun kali ini untuk memotivasi anak-anak untuk maju, kami menjanjikan untuk memberikan permen bagi yang maju dan memberikan permen dan snack lainnya jika jawabannya benar. Anak-anak dengan ramai menunjuk tangan untuk maju ke depan. Kami pun memilih beberapa anak yang biasanya kurang aktif atau pemalu. Anak-anak tersebut maju dan menjawab, dan jawaban mereka benar, maka kami berikan mereka permen dan snack.

Setelah itu kami memberikan 5 soal di papan tulis, kemudian membentuk 8 kelompok. Di sini, kelompok yang cepat selesai dan bisa memberikan jawaban yang benar akan mendapatkan permen dan snack yang lebih banyak lagi, termasuk kakak pengajarnya. Maka dengan semangatnya, anak-anak cepat mengambil buku tulis dan alat tulis, kakak-kakak pengajarnya pun ikut semangat untuk membantu mereka mengerjakan tugas karena jika kelompok mereka menang, maka kakak pengajar juga dapat hadiah. Namun tentunya masing-masing pengajar tidak memberikan jawaban langsung melainkan menyemangati anak-anak untuk mengerjakan dan menjelaskan cara pengerjaan soal yang tidak dimengerti. Terlihat bahwa kelompok Jasson, Sakinah, dan Christelle yang paling cepat selesai. Lalu disusul oleh kelompok Imran, Nabila, Felicia, Sanny, dan terakhir kelompok Pieter selesai mengerjakan soal. Lalu kami menyuruh 3 kelompok yang tercepat menyelesaikan untuk menulis jawaban masing-masing kelompok di papan tulis. Ternyata jawaban kelompok Jasson salah dan gugur mendapatkan permen. Lalu diganti oleh kelompok Imran yang menjawab dengan benar. Maka pemenangnya adalah kelompok Imran, Sakinah, dan Christelle.

Kehebohan kelas karena pelajaran yang menyenangkan ini berakhir pada pukul 14:00. Karena ini hari terakhir kami mengajar maka sebelum pulang, kami mengucapkan terima kasih kepada adik-adik karena sudah menjadi anak didik yang baik, kemudian kami memberikan permen-peremn dan snack-snack kepada seluruh anak-anak. Setelah itu kami berfoto-foto dengan seluruh anak-anak.











Form Evaluasi




Hasil Kegiatan

Sebelum Kegiatan Sesudah Kegiatan
Anak-anak tidak bisa membedakan antara keliling dan luas Anak-anak sudah mengerti perbedaan keliling dan luas
Anak-anak tidak mengerti tujuan dari keliling dan luas
Anak-anak tidak tahu cara menghitung keliling dan luas
Murid-muridsudah mengerti tujuan dari keliling dan luas
Anak-anak sudah tahu rumus keliling dan luas

Anak-anak terlihat sangat senang hari ini karena belajar sambil main, namun terlihat agak sedih karena ini adalah hari terakhir kami mengajar. Kami pun merasa senang sudah mengalami mempunyai anak didik yang baik.

Kesimpulan


Pada hari terakhir ini, kami menyadari bahwa mengajar bukan hal yang muda, namun jika dilakukan dengan tulus bisa menjadi suatu aktivitas yang sangat menyenangkan dan bermanfaat di kemudian hari. Kami ingin memberikan impression yang positif untuk anak-anak di hari terakhir ini agar mereka tetap ingat dengan kami dan juga agar materi-materi yang kami ajarkan dapat dicerna dengan baik oleh mereka.


Next To Do

Jika kami diberi kesempatan untuk mengajar lagi, maka kami akan dengan senang hati memberikan pelajaran sambil bermain agar anak-anak cepat paham akan materi yang disampaikan. Kami berdoa semoga semua materi yang kami sampaikan dan ajaran kami bermanfaat bagi anak-anak dalam kehidupannya.

 

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar seputar artikel diatas
Binusian dan TFI dapat memberikan pendapatnya disini.

×
Kelompok 7